Ahmad Arief Tarigan - Mendedah Paleografi Aksara Karo Dari Masa Ke Masa - LIDINEWS.COM | Majalah Lidinews

Mobile Menu

Top Ads

More News

logoblog

Ahmad Arief Tarigan - Mendedah Paleografi Aksara Karo Dari Masa Ke Masa

Sabtu, 10 Februari 2024

Gambar : Ahmad Arief Tarigan, Staf Pengajar di Program Studi Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara. Mendedah Paleografi Aksara Karo Dari Masa Ke Masa. Lidinews.com


Lidinews.com - Kegiatan ini strategis, dalam kaitannya dengan advokasi aksara Karo. Seperti kita tau advokasi aksara Karo itu terdiri dari 3 bentuk, yang pertama itu riset atau penelitian. Menggali pengetahuan, mendata koleki aksara karo. Kedua itu diseminasi, bagaimana kemudian pengetahuan mengenai aksaraKaro ini disebarluaskan. Bisa berbentuk sosialisasi maupun berbentuk pelatihan atau workshop  terhadap duta - duta aksaraKaro.


Kemudian yang ketiga adalah aktivasi dan pengembangan yang terdiri dari tindakan – tindakan, bagaimana kita melibatkan para pelaku industri kreatif, termasuk dunia pariwisata untuk mengaktivasi akara Karo di ruang publik. Termasuk bagaimana plank di institusi pemerintah maupun swastwa, bisa menggunakan aksara Karo.


Kegiatan yang ke-2 ini, kita langsung mengadirkan salah seorang ahli yaitu,Prof. Uli Kozok. Saya pikir, ini bisa mencakup dua aspek dari advokasi aksara Karo, yaitu riset, pengetahuan, dan diseminasi.


Ini penting, sebab aksara Karo itu mesti diletakkan dalam kerangka ilmu pengetahuan, bagaimana kita bisa engeksplorasi aksara Karo dari sisi keilmuan. Jadi, aksara karo bisa dilihat secara utuh dari perspektif keilmuan dan yang paling penting, kedepan tentu saja perlu ada tindakan aktivasi dan pengembangan.


Ini penting dalam kaitannya, bagaimana aksara Karo itu kembali mendapatkan tempat secara fungsional di dalam kehidupan masyarakat. Bukan saja menghadirkan makna, tapi juga mampu mendorong bentuk – bentuk kreatifitas baru, khususnya di dunia kreatif dan kepariwisataan.


Dan senang sekali teman - teman Perdasa_Eventkreatif, Benson Kaban dan teman - teman Pak Barata Brahmana, bisa memberi porsi yang lebih dalam upaya advokasi aksara Karo ini. Acara hari ini sukses dan kedepannya kita akan semakin memantapkan kegiatan ini dalam rangka memajukan aksara Karo.


Sebab kita tau bahwa, di dalam aksara, di dalam Bahasa, itu tersimpan banyak pengtahuan, seperti yang disampaikan Prof. Uli Kozok tadi, kita bisa lihat bagaimana aksara Karo ini melintas dari masa ke masa.


Mulai dari pallava, aksara sumatera kuno, sampai pada hari ini, tentu di dalamnya ada konteks sosial historis yang melingkupinya, sehingga kita bisa mengetahui atau paling tidak membayangkan bagaimana masyarakat karo pada masa itu dengan mengkaji atau mengeksplorasi aksara Karo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar