BEA Cukai Kena Semprot Warganet - LIDINEWS.COM | Majalah Lidinews

Mobile Menu

Top Ads

More News

logoblog

BEA Cukai Kena Semprot Warganet

Sabtu, 11 Mei 2024

Penulis : Marselinus Yulius Guntur

Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang


Gambar : BEA Cukai Kena Semprot Warganet. Lidinews.id



Lidinews.id - Baru baru ini banyak kasus pihak bea cukai yang viral di media sosial yang kontroversi.


Ada beberapa kasus yang viral, seperti pengiriman sepatu, pengiriman barang untuk sekolah luar biasa (SLB), dan juga pengiriman action figure, yang dikeluhkan pria bernama Radhika Althaf di media sosial.


Terlebih, sepatu seharga Rp10 juta itu disebut sampai dipungut bea masuk Rp30 juta. barang hibah untuk Sekolah Luar Biasa atau SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta.


Mereka mendapatkan sebuah kiriman dari Korea Selatan berupa alat belajar siswa tunanetra bernama taptilo. Taptilo yang bentuknya seperti keyboard itu tiba di Indonesia sejak 18 Desember 2022 lalu.


Akan tetapi, pihak sekolah malah diminta melengkapi sejumlah dokumen, bahkan ditagih ratusan juta untuk menebus barang tersebut.


Sampai akhirnya viral cuitan di X terkait penahanan barang untuk SLB tersebut, di mana baru diketahui barang tersebut merupakan hibah.


Media sosial X (dulu Twitter) Indonesia tengah dihebohkan oleh aksi seorang pria yang merobek tas mewah Hermes miliknya di depan petugas Bea Cukai.


Dia lebih memilih untuk merusak tas tersebut daripada harus membayar pajak barang mewah sebesar Rp 26 juta.


Kedepannya pihak bea cukai harus lebih teliti dalam menghitung pajak barang yang yang masuk dari luar negeri supaya tidak terjadinya viral lagi dan membuat masyarakat merasa rugi dan tidak percaya terhadap bea cukai.




Editor : Arjuna H T Munthe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar